cool hit counter

PDM Kota Magelang - Persyarikatan Muhammadiyah

 PDM Kota Magelang
.: Home > Berita > MENYULUT SEMANGAT API PENDIDIKAN ; SISWA SD MUTUAL SEDEKAH BUKU

Homepage

MENYULUT SEMANGAT API PENDIDIKAN ; SISWA SD MUTUAL SEDEKAH BUKU

Selasa, 10-05-2016
Dibaca: 639

 

Magelang. Jawa Tengah (2/5/16). Tanggal 2 Mei 2016 saat itu menjadi memori berharga bagi para siswa SD Muhammadiyah 1 Alternatif (SD MUTUAL) Kota Magelang. Mungkin mereka seakan tak mampu melupakan memori langka dalam etalase pikrannya.Wajah ratusan siswa SD MUTUAL  pagi itu nampak cerah dan penuh kebahagiaan. Deretan siswa mengantri seperti halnya para kaum fakir yang hendak mengambil sembako. Tetapi tentunya deretan itu bukan karena mereka ingin mengambil bingkisan sembakau yang biasa terjadi. Mereka dengan penuh antusias dengan sengaja memperingati Hari Pendidikan Nasional  dengan cara yang lumayan unik.

Diawali dengan upacara simbolis menerbangkan puluhan balon udara, mereka menulis surat kepada mentri Pendidikan untuk memberikan ucapan pada Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) dan menorehkan harapan-harapan tentang dunia pendidikan di Indonesia. Tidak hanya itu, ia sengaja mengumpulkan buku bacaan bekas bahkan rela membeli buku bacaan yang baru untuk disdkahkan sebagai bukti akan kepeduliannya dalam dunia pendidikan. Dengan tulus ikhlas, satu persatu buku yang mereka bawa dikumpulkan kepada bapak dan ibu guru yang bertugas menampung buku-buku tersebut.

Kegiatan tersebut bukan semata hanya ceremonial. Ini menunjukkan kepekaannya terhadap dunia kritik pendidikan yang ada di Indnesia. Tidak satu pun para filosof yang mengatakan bahwa pendidikan itu tidak penting. Semua mengatakan bahwa pendidikan adalah salah satu pilar kemajuan suatu bangsa. Muhammadiyah yang kurang lebih satu abad, sudah mengawali untuk melakukan sebuah ijtihad pendidikan dengan dibuktikan keberanian Kyai Dahlan yang saat itu merubah mainset lama kaum pribumi dalam cara pandang pendidikan dengan cara menggabungkan cara belanda dengan cara masyarakat pribumi saat itu.

Sedekah buku menjadi klimak peringatan hardiknas di SD MUTUAL saat itu karena buku adalah simbul kemajuan pendidikan dalam suatu komunitas. Mustaqim, M.Pd selaku kepala SD Mutul menuturkan,” Peringatan Hardiknas tahun 2016 ini mudah-mudahan dapat diambil manfaatnya oleh para guru dan siswa, mulai penegakan disiplin seperti halnya dalam upacara Hardiknas, dilanjutkan dengan gerakan menulis surat kepada bapak mendiknas sebagai bentuk kepedulian dan kritisme dalam bidang pendidikan. Tidak hanya itu kepeduliannya dalam bidang pendidikan dibuktikan dengan melaksanakan gerakan social dengan sedekah buku pada masyarakat sekitar”.

Selain itu, Wati Prihayanti, M. Pd selaku Humas SD Mutual juga mengatakan bahwa,”SD Mutual akan selalu berusaha menampilkan dan memberikan pendidikan yang bermutu, kreatif dan memperhatikan aspek manfaat bagi semua, semua rangkaian peringatan hardiknas ini mudah-mudahan mendapat respon yang positif demi kemajuan pendidikan kita”. Harapan tersebut membuktikan bahwa dunia pendidikan Indonesia saat ini harus menjadi perhatiaan khusus sehingga kemajuan pendidikan di Indonesia akan diimbangi dengan out put yang memuaskan.(Fury Fariansyah)


Tags:
facebook twitter delicious digg print pdf doc Kategori:



Arsip Berita

Berita

Agenda

Pengumuman

Link Website